IFDIL, S.HI, S.Pd., M.Pd., Kons

KonselingIndonesia.com | Sebuah Dedikasi Saya untuk dunia pendidikan, khususnya Bimbingan dan Konseling

Ifdil nama saya, nama yang cukup pendek, namun dengan studi yang saya saya tempuh nama saya menjadi agak panjang karena diikuti dengan gelar akdemik Ifdil, S.HI, S.Pd., M.Pd., Kons. (lumayan panjang) namun itu hanya digunakan untuk dunia akademik saja.

Saya lahir di desa kecil Sebukar Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi pada 11 Desember 1981. Nama Kecil saya Ifdil Dahlani, namun karena kesalahan administratif waktu menamatkan sekolah dasar menjadikan nama belakang Dahlani hilang, semoga suatu saat buat akte perubahan nama.

Perjalanan pendidikan saya dimulai dari SD 147/III sebukar Tamat tahun 1993, melanjutkan ke SMPN 3 Sitinjau Laut yang merupakan SMP Plus Ketrampilan (Tamat 1997), melanjutkan Pendidikan ke SMKN 2 Curup kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu, dan tahun 2000 saya melanjutkan pendidikan ke STAIN Kerinci jurusan Ekonomi Islam

Sambil kuliah saya juga berbisnis pada bidang komputer. Ketertarikanku pada Komputer dan IT sangat besar, pada waktu itu.

Lebih lanjut pada tahun 2005 saya melanjutkan pendidikan ke program Pascasarjana UNP. Pada awalnya saya memilih jurusan Ekonomi/geografi, waktu itu saya berpikir bahwa setelah belajar ekonomi Islam rasanya sangat cocok jika saya juga belajar ekonomi konvensional, namun perjalanan merubah dan menuntun saya untuk pindah ke program studi Bimbingan dan Konseling, (meskipun pada awalnya saya tidak pernah kenal BK, jangankan tahu banyak, kenalpun dengan istilah BK baru ditahun itu(2005)), sehingga mulai saat itu (2005) saya masuk dunia Konseling, tidak tanggung-tanggung saya begitu jatuh cinta dengan dunia ini, sehingga pada tahun 2006 saya mengambil S1 ke dua bidang konseling di BK FIP UNP.

Kesulitan saya memperoleh referensi di internet tentang dunia BK yang berbahasa Indonesia mengantar saya untuk belajar membuat situs, pada masa itu dari tahun 2005 referensi konseling di internet yang berbahasa indonesia merupakan barang langka, sejak itu saya mulai hunting buku tentang bagaimana membuat situs, belajar html sederhana dan sebagainya sehingga situs pertama saya adalah sebuat situs berbasis html gratis dengan alamat http://ifdilkonseling.page.tl.

Saya merasa tidak puas dengan hasil karya tersebut, akhirnya saya dibantu dengan teman-teman membeli domain dan membangun situs baru dengan alamat www.konselingindonesia.com,(Maret 2007), saya belajar mengenal cms dan sampai sekarang situs ini masih eksis dan sangat membahagiakan dapat berbagi untuk sesama, setiap harinya pengunjung terus meningkat sehingga ini menambah semangat saya untuk senantiasa berbuat untuk dunia baru yang tercinta ini, semoga akan semakin baik dan bagus serta meningkat kedepan.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1 konseling, keinginan saya untuk berbuat bagi dunia pendidikan khususnya konseling kian besar. Saya begitu bersyukur telah diberikan kesempatan ini, pada tahun 2008 perjalanan mengantarkan saya untuk melanjutkan pendidikan ke jalur Pendidikan Profesi Konselor (PPK). Hingga pada Maret 2009 saya berhak menyandang gelar Konselor. Begitu asyik dengan dunia profesi, ujian dan cobaan kian melanda, sehingga hampir S2 saya tidak tersentuh. Akhirnya setelah menyelesaikan pendidikan profesi, saya kembali mencoba untuk fokus pada S2, pada Juni 2009 saya menyelesaikan S2 dan berhak menyandang gelar Magister pendidikan bidang konseling, sudah hampir empat tahun S2 saya baru selesai, tapi saya tidak menyesalinya malah sebaliknya saya begitu bersyukur, saya menjadi banyak belajar tentang hidup dan dunia akademik, banyak pelajaran dan ilmu yang didapatkan, banyak hikmah dibalik semua itu. Dan juga disela-sela waktu saya sebagai mahasiswa juga bekerja sebagai pengelola Media di Jurusan Bimbingan dan Konseling UNP dan pada Januari 2009 saya bekerja di Fakultas Ilmu Pendidikan UNP ikut membantu mengelola Web Fakultas dan dari 2009 Desember saya juga bekerja sebagai Dosen di Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Padang.

Saya berharap semoga dan senantiasa, setiap langkah dalam kehidupan saya dapat memberi, berbuat dan bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia khususnya dunia konseling. (ifdil; (1@Padang:02/08/2009). Rev (Okt.2011) Rev. (Juli 2012))