Calon Konselor Lakukan Upacara Peringatan HUT RI ke-63

Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-63 tanggal 17 Agustus 2008 dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor Universitas Negeri Padang yang diselenggarakan di PDIKM (Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minang Kabau) di Padang Panjang. Upacara diikuti oleh 47 calon-calon konselor dari seluruh Indonesia.

 

Upacara peringatan HUTRI ke 63 ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Personal Development and Outbond Training for Counselor yang dilakukan setiap tahun.

Bertindak sebagai komandan Upacara adalah Amril M dari Pariaman, Sang Saka Merah Putih kemudian dikibarkan oleh Agustinus T Mamma dari Jaya Pura, Leni Latifah dari Malang sebagai pembentang dan Kurniawan dari Aceh, mereka membawa bendera Merah Putih hingga ke ujung tiang bendera diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Upacara berlangsung sangat khidmat.

saat mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, Prof Friman memimpin seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta yang diiringi lagu Padamu Negeri. Kemudian Yahya Labuaya dari Gorontalo membacakan doaSebelum dimulainya upacara peringatan detik-detik promaklasi HUT RI ke 63 terlebih dahulu dilakukan senam logo konseling yang dipimpin langsung oleh guru besar bimbingan dan Konseling Prof. Dr. Prayitno, M.Sc. Ed.

Dalam sambutannya inspektur ucapara Prof.Dr.Firman, M.S. Kons, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalis dan juga disampaikan agar para calon-calon konselor nantinya mampu menjadi tenaga prosesional handal yang dapat berkarya demi kejayaan bangsan dan negara.

Mengakhiri upacara, paduan suara yang dipimpin oleh Anastasia dari Jakarta mengumandangkan lagu-lagu nasional. Upacara juga diikuti oleh Ketua Jurusan BK dan sekretaris Jurusan BK FIP UNP didampingi Dosen-dosen pendamping

.Usai pelaksanaan upaca ini kegitan dilanjutkan dengan rangkaian acara Personal Development and Outbond Training for Counselor dengan Instruktur Siswanto, dari HRD Panasonic Globel Jakarta. (Admin)

 

 

======================================================================================================

Mahasiswa PPK BK FIP UNP Melaksanakan Out Bound

Pada 16, 17 dan 18 Agustus 2008 Mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor Universitas Negeri Padang akan mengikuti Outbound, Kegiatan ini merupakan agenda tahunan PPK dan untuk tahun ini, lokasi yang dipilih adalah Pusat Kebudayaan Minang Kabau (Minang Village) yang berlokasi di Padang Padang. Sumatera Barat.


Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound juga dapat memacu semangat belajar. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, outbound adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam rangka melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi secara lebih baik lagi
 
 
Kegiatan outbound berawal dari sebuah pengalaman sederhana seperti bermain. Bermain juga membuat setiap orang merasa senang, dan bahagia. Dengan bermain di alam dapat membelajarkan dan belajar untuk mengembangkan potensi, dan rasa ingin tahu serta meningkatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu,

Pengalaman merupakan guru dalam proses pembelajaran secara alami. Misalnya, seorang anak mengalami proses alami bermain. Hal itu dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Jadi, tidak menutup kemungkinan siapapun berhak bermain baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua. Karena belajar dari sebuah pengalaman dalam aktivitas bermain dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau tertutup.