MAHASISWA BK FKIP UNJA LAKUKAN OUT BOND

Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Jambi lakukan Out Bond, Kegiatan Out Bond ini pada tahun 2008 yang menjadi sasarannya adalah untuk mahasiswa Ekstensi Angkatan 2008 yang berjumlah 60 orang. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kepribadian individu menjadi individu yang berkualitas, demikian disampaikan Dr. Emosda, M.Pd, sebagai ketua pelaksana. Kegiatan ini dikemas dengan berbagai kegiatan yang melibatkan fisik, emosi, pikiran dengan sentuhan-sentuhan psikologis sehingga terjadinya pengalaman langsung dan bermakna, Dalam pelaksanaanya menekankan adanya berbagai perubahan pada sikap dan perilaku individu kearah yang positif untuk pengenalan dan pemahaman pribadinya. Lebih lanjut Drs. Rasimin sebagai Ketua Jurusan Program Studi Ekstensi BK FKIP UNJA mengharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat belajar langsung dari alam, mengambil hikmah dari setiap game-game yang dilakukan sehingga dapat merobah pola pikir dan menjadikan individu yang berkualitas.

 

Kegiatan ini dilakukan di Taman Rimbo yang merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di propinsi Jambi . sesuai dengan lokasi dan ketersedian sarana pada out bound kali ini hanya memainkan game-game yang low dan midle saja.

 

Out Bond kali ini diharapakan dapat memacu semangat, menanamkan kekompakan, meningkatkan kepercayaan diri, serta menumbuhkan sikap kebersamaan, demikian disampaikan Caroline Lisa Setiawati (Jakarta) selaku Trainer yang didampingi oleh Dwi Wahyuningsih (Jambi) serta DL (Jambi). Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk dapat memperoleh pengalaman langsung sehingga adanya penghayatan, dengan terlibat langsung dalam perbuatan, dan bertanggung jawab terhadap hasilnya. Keterlibatan dalam kegiatan tersebut tidak hanya keterlibatan fisik semata, lebih jauh melibatkan mental, emosional dan juga melibatkan kegiatan kognitif dalam pencapaian pengetahuan dan penghayatan internalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap dan nilai.

 

Sebagai calon konselor mahasiswa S1 BK diharapkan dipersiapkan untuk menjadi konselor yang profesional nantinya, sehingga dituntut untuk dapat menerapkan berbagai strategi dalam upaya untuk membantu individu dalam mengembangkan diri, sehingga tercapai kehidupan efektif sehari-hari (KES). Diakhir kegiatan saat dilakukan evaluasi salah satu peserta menyebutkan “jujur awalnya kami ogah untuk mengikuti kegiatan ini, namun setelah diikuti ternyata kami banyak mendapatkan pelajaran yang berharga, banyak hal-hal yang tidak perbah kami temukan di bangku kuliah kami dapatkan disini, kami berharap kegiatan out bond ini dapat dilakukan secara rutin dan menjadi agenda Prodi BK FKIP UNJA”. (DL)

=========================================================================