Salah satu keterampilan yang diperlukan dalam belajar adalah bagaimana meningkatkan daya ingat. Jika berbicara tentang ingatan, kita harus mengetahui tentang ‘triggers’ atau kita sebut saja dengan pemicu.

Pemicu adalah sesuatu/kualitas seperti warna, tekstur dan intensitas yang bisa kita gunakan untuk melibatkan diri, atau memicu ingatan kita. Gunakan pemicu untuk menekankan aspek ide yang akan bertahan di ingatan kita.

 

Karena ingatan adalah keterampilan visual, kita akan menemukan banyak pemicu memakai petunjuk gambar atau visual. Mari kita pelajari hal-hal yang paling efektif untuk memicu ingatan:

SENSES/ RASA

EMOTIONS/EMOSI

DIFFERENCES/PERBEDAAN

BEGINNINGS AND ENDS /AWAL DAN AKHIR

Keempat pemicu ingatan ini akan membantu kita menancapkan hal-hal yang ingin kita ingat ke dalam pikiran sehingga bisa diakses dan digunakan kapan pun. Kita akan bisa mengingat lebih banyak jika tahu cara memilah, menyimpan, dan menambahkan ide-ide sehingga dapat meningkatkan cara otakmu menggambarkan, mengasosiasikan, dan memotivasi.

 

SENSES/RASA

Ingat waktu kita makan permen Pop Rock saat kita kecil? Jika pernah mencoba permen jenis ini, pasti ingat. Sulit melupakan rasa saat Kristal gula manis itu pecah dan bergeletuk di dalam mulutmu, menjadikan lidah berwarna-warni. Tahukah mengapa ingatan ini begitu jelas? Ingatan terkuat terjadi jika kita merangsang dan mengombinasikan indra kita. Pop Rock menyentuh indra kita.

Coba pikirkan ke belakang dan ingat makanan kesukaan kita saat kecil. Pasti kita tak hanya ingat nama atau rasanya. Kita juga ingat keseluruhan pengalaman memakannya, terutama pemandangan, suara dan perasaan yang melekat saat kita memakannya. Misalnya, meski tak ingat rasanya, kita pasti ingat bagaimana bentuk susu cokelat dan juga suaranya saat kamu menghisap lewat sedotan melingkar. Ini terjadi karena penglihatan adalah indra yang sangat kuat untuk mengingat, diikuti suara dan gerakan. Ingat, mari bekerjasama dengan otak dan lakukan apa yang bisa dilakukan. Gabungkan kekuatan penglihatan, suara, dan gerakan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi apa yang ingin kita ingat.

 

EMOTIONS /EMOSI [Berikan sentuhan personal]

Ingatan yang dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan, atau duka lebih mudah diingat. Misalnya, pikirkan tentang hubungan yang dipenuhi emosi. Kenangan paling jelasmu muncul pada masa terindah maupun terburuk karena hubungan emosinya. Kita bisa memicu ingatan dengan memanfaatkan jangkar emosi.

 

DIFFERENCES / PERBEDAAN [Faktor Aneh]

Lebih mudah mengingat sesuatu yang tidak sesuai dengan norma karena otak kita lebih mudah mengenali perbedaan daripada kesamaan. Jadi, gunakan ‘faktor aneh’ untuk meningkatkan ingatan. Ide-ide yang berlebihan, penglihatan, suara atau gerakan akan membuat hal yang berusaha kita ingat menjadi lebih unik. Misalnya;

Penglihatan Imajinatif : Bayangkan lalat yang sangat besar, seekor gajah yang sangat kecil, jerapah berwarna merah muda dengan loreng.

Suara yang tak masuk akal : Gunakan suara Donal Bebek

Gerakan berlebihan : Ungkapkan ide melalui permainan tebak-tebakkan.

 

BEGINNING AND ENDS / AWAL DAN AKHIR [Memakai pertama dan terakhir]

Pernahkah memperhatikan bahwa lebih mudah mengingat awal dan akhir film yang kita sukai? Atau orang pertama dan terakhir yang kita temui di sebuah pertemuan? Hal ini disebabkan karena otak kita secara alami mengingat hal-hal yang datang pertama dan terakhir. Manfaatkan kecenderungan ini dengan mencacah informasi menjadi bagian-bagian kecil untuk menciptakan lebih banyak pertama dan terakhir.

 

Kini setelah tahu keempat pemicu ingatan, apakah sudah siap untuk mempraktekkannya?

 

Sumber: Quantum Memorizer