KONSELING TRAUMA PASCA UJIAN NASIONAL

Oleh    : Team Konseling Trauma Pasca Ujian Nasional

 

Abstrak

Konseling merupakan bantuan yg bersifat terapeutis yg diarahkan untuk mengubah sikap dan perilaku konseli, dilaksanakan face to face antara konseli dan konselor, melalui teknik wawancara dengan konseli sehingga dapat terentaskan permasalahan yang dialaminya.


 

Konseling pasca trauma yaitu konseling yang diselenggarakan dalam rangka membantu konseli yang mengalami peristiwa traumatik,agar konseli dapat keluar dari peristiwa traumatik yang pernah dialaminya dan dapat mengambil hikmah dari peristiwa trauma tersebut.

 

Trauma adalah suatu kondisi emosional yg berkembang setelah suatu peristiwa trauma yang tidak mengenakkan, menyedihkan, menakutkan, mencemaskan dan menjengkelkan, seperti peristiwa : Pemerkosaan, pertempuran, kekerasan fisik, kecelakaan, bencana alam dan peristiwa-peristiwa tertentu yang membuat batin tertekan, misalnya konseli(siswa) yang tidak lulus Ujian Nasional.

Trauma psikis terjadi ketika seseorang dihadapkan pada peristiwa yang menekan yang menyebabkan rasa tidak berdaya dan dirasakan mengancam. Reaksi umum terhadap kejadian dan pengalaman yg traumatis adalah berusaha menghalaukannya dari kesadaran,namun bayangan kejadian itu tidak bisa dikubur dalam memori.

Seiring dengan kejadian tersebut konselor sebagai pendidik pada jalur formal yg bertugas melakukan bimbingan dan konseling di Sekolah bertanggung jawab untuk dapat membantu peserta didik/masyarakat/individu yg mengalami peristiwa trauma sehingga dapat keluar dari peristiwa trauma pasca ujian nasional ini. Untuk itu Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MG-BK) Kabupaten Pacitan, sebagai forum guru BK/Konselor yg mempunyai tugas dan fungsi pemberdayaan pendidik di bidang Bimbingan Konseling perlu membekali diri dengan pemahaman dan ketrampilan khusus tentang cara pemberian pelayanan konseling Traumatis kepada para siswa yang mengalami trauma pasca Ujian Nasional ini

Untuk membaca materi selengkapnya, silakan unduh di tautan berikut

konseling trauma pasca ujian nasional (pdf.zip)

Sumber; http://waskitamandiribk.wordpress.com