Bergosip Tingkatkan "Self Esteem"

Bergosip Tingkatkan Self Esteem

Penelitian baru di Inggris menunjukkan bahwa bergosip mungkin bermanfaat, setidaknya bagi mereka yang bergosip.

Para peneliti dari Universitas Staffordshire, Inggris mengatakan orang-orang yang bergosip merasa lebih didukung. Dan gosip yang positif (memuji orang lain) bisa meningkatkan "self esteem" (penghargaan terhadap diri sendiri) penggosip. Penemuan itu ditampilkan pada konferensi British Psychological Society.

Dalam penelitian, Jennifer Cole dan Hannah Scrivener melihat jawaban dari 160 partisipan yang mengisi kuesioner yang menanyakan mengenai kecenderungan untuk bergosip, "self esteem" mereka, dukungan sosial dan kepuasan hidup.


Tingkat gosip yang lebih tinggi dikaitkan dengan perasaan dukungan yang lebih besar tetapi tidak terhubung dengan "self esteem" atau kepuasaan hidup.

Kemudian, para peneliti meminta 140 orang untuk berbicara secara negatif atau secara positif dari orang yang tidak nyata. Mereka yang berbicara secara positif merasakan "self esteem" yang lebih besar daripada mereka yang berbicara secara negatif.

"Bergosip biasanya terlihat sebagai hal buruk. Penemuan kami menunjukkan beberapa bentuk dari bergosip, khususnya jenis di mana orang memuji orang lain, bisa terhubung dengan beberapa akibat menguntungkan dari penggosip terlepas dari kenyataan bahwa penggosip biasanya tidak dipercaya," kata Cole dalam "news release" British Psychological Society, seperti dikutip Health 24.
(ENY/A024)

Sumber: http://www.antaranews.com/