Setelah sukses melakukan konseling trauma tahap I, pelaksanaan konseling trauma tahap II diperluas, selain para konselor-konselor juga dilibatkan rekan-rekan dari LPMP dan juga Dinas Kabuptaen/Kota serta HIMPAUDI di bawah pengawasan Depdiknas.

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 19 s.d 24 Oktober 2009, dengan titik sasaran 37 titik yang tersebar di Sumatera Barat

Sasaran kegiatan Trauma Konseling ini adalah peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan pada orang tua di lokasi-lokasi yang telah terlebih dahulu disurvey di enam daerah tingkat II (Kabupaten/Kota) Sumatera Barat yaitu :

  • Kabupaten Pesisir Selatan
  • Kota Padang
  • Kabupaten Padang Pariaman
  • Kota Pariaman
  • Kabupaten Agam
  • Kabupaten Pasaman Barat

Untuk masing-masing daerah tingkat II itu diharapkan disejumlah titik atau lokasi dengan mempertimbangkan bahwa di lokasi tersebut terpenuhi tiga kriteria pokok, yaitu :

Intensitas permasalahan : permasalahan akibat gempa yang dialami oleh masyarakat di lokasi itu cukup berat;

Kuluasan sasaran : di lokasi tersebut dapat dijangkau sasaran pelayanan, yaitu peserta didik dan pendidik (dari PAUD, SD, SLTP, dan SLTA) dan tenaga kependidikan serta orang tua dalam jumlah yang cukup besar.

Kemudahan mobilitas : lokasi tersebut mudah dijangkau dan cukup terbuka bagi hubungan dengan daerah lain.


Pada setiap titik atau lokasi tersebut dilaksanakan pelayanan trauma konseling dengan kegiatan dan materi sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh jenis sasaran pelayanan tertentu, yaitu komponen peserta didik PAUD, SD, SLTP, SLTA, guru ataupendidik dan tenaga kependidikan antar orang tua peserta didik. Sasaran di luar komponen kependidikan tersebut, seperti kelompok pemuda, lembaga kemasyarakatan dan lain-lain juga mendapat pelayanan seiring dengan pelayanan terhadap sasaran pokok komponen pendidikan tersebut. Lebih jauh, dimungkinkan pula pelaksanaan pelayanan di suatu lokasi dikembangkan ke lokasi-lokasi baru sebagai “cabang” atau “anak” atau perluasan dari pelayanan di lokasi terdahulu.

Berikut nama-nama relawan dan penempatannya

;