Konseling Indonesia BK | Bimbingan dan Konseling Indonesia | Pusat Referensi Konseling | - Pola BK 17 Plus

Search Situs
Konseling Indonesia
Pola BK 17 Plus PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 62
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh Ifdil   
Monday, 09 June 2008

SEJARAH BIMBINGAN DAN KONSELING DAN LAHIRNYA BK 17 PLUS

Pendahuluan

Sejarah lahirnya Bimbingan dan Konseling di Indonesia diawali dari dimasukkannya Bimbingan dan Konseling (dulunya Bimbingan dan Penyuluhan) pada setting sekolah. Pemikiran ini diawali sejak tahun 1960. Hal ini merupakan salah satu hasil Konferensi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (disingkat FKIP, yang kemudian menjadi IKIP) di Malang tanggal 20 – 24 Agustus 1960. Perkembangan berikutnya tahun 1964 IKIP Bandung dan IKIP Malang mendirikan jurusan Bimbingan dan Penyuluhan. Tahun 1971 beridiri Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP) pada delapan IKIP yaitu IKIP Padang, IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, IKIP Semarang, IKIP Surabaya, IKIP Malang, dan IKIP Menado. Melalui proyek ini Bimbingan dan Penyuluhan dikembangkan, juga berhasil disusun “Pola Dasar Rencana dan Pengembangan Bimbingan dan Penyuluhan “pada PPSP. Lahirnya Kurikulum 1975 untuk Sekolah Menengah Atas didalamnya memuat Pedoman Bimbingan dan Penyuluhan.

 

Tahun 1978 diselenggarakan program PGSLP dan PGSLA Bimbingan dan Penyuluhan di IKIP (setingkat D2 atau D3) untuk mengisi jabatan Guru Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah yang sampai saat itu belum ada jatah pengangkatan guru BP dari tamatan S1 Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan. Pengangkatan Guru Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah mulai diadakan sejak adanya PGSLP dan PGSLA Bimbingan dan Penyuluhan. Keberadaan Bimbingan dan Penyuluhan secara legal formal diakui tahun 1989 dengan lahirnya SK Menpan No 026/Menp an/1989 tentang Angka Kredit bagi Jabatan Guru dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Di dalam Kepmen tersebut ditetapkan secara resmi adanya kegiatan pelayanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Akan tetapi pelaksanaan di sekolah masih belum jelas seperti pemikiran awal untuk mendukung misi sekolah dan membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan mereka.Sampai tahun 1993 pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah tidak jelas, parahnya lagi pengguna terutama orang tua murid berpandangan kurang bersahabat dengan BP. Muncul anggapan bahwa anak yang ke BP identik dengan anak yang bermasalah, kalau orang tua murid diundang ke sekolah oleh guru BP dibenak orang tua terpikir bahwa anaknya di sekolah mesti bermasalah atau ada masalah. Hingga lahirnya SK Menpan No. 83/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang di dalamnya termuat aturan tentang Bimbingan dan Konseling di sekolah. Ketentuan pokok dalam SK Menpan itu dijabarkan lebih lanjut melalui SK Mendikbud No 025/1995 sebagai petunjuk pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Di Dalam SK Mendikbud ini istilah Bimbingan dan Penyuluhan diganti menjadi Bimbingan dan Konseling di sekolah dan dilaksanakan oleh Guru Pembimbing. Di sinilah pola pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah mulai jelas.

Pra Lahirnya Pola 17

Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah diselenggarakan dengan pola yang tidak jelas, ketidak jelasan pola yang harus diterapkan berdampak pada buruknya citra bimbingan dan konseling, sehingga melahirkan miskonsepsi terhadap pelaksanaan BK, munculnya persepsi negatif terhadap pelaksanaan BK, berbagai kritikan muncul sebagai wujud kekecewaan atas kinerja Guru Pembimbing sehingga terjadi kesalahpahaman, persepsi negatif dan miskonsepsi berlarut. Masalah menggejala diantaranya: konselor sekolah dianggap polisi sekolah, BK dianggap semata-mata sebagai pemberian nasehat, BK dibatasi pada menangani masalah yang insidental, BK dibatasi untuk klien-klien tertentu saja, BK melayani ”orang sakit” dan atau ”kurang normal”, BK bekerja sendiri, konselor sekolah harus aktif sementara pihak lain pasif, adanya anggapan bahwa pekerjaan BK dapat dilakukan oleh siapa saja, pelayanan BK berpusat pada keluhan pertama saja, menganggap hasil pekerjaan BK harus segera dilihat, menyamaratakan cara pemecahan masalah bagi semua klien, memusatkan usaha BK pada penggunaan instrumentasi BK (tes, inventori, kuesioner dan lain-lain) dan BK dibatasi untuk menangani masalah-masalah yang ringan saja.

Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah diselenggarakan dengan pola yang tidak jelas, ketidak jelasan pola yang harus diterapkan disebabkan diantaranya oleh hal-hal sebagai berikut :

1. Belum adanya hukum

Sejak Konferensi di Malang tahun 1960 sampai dengan munculnya Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan di IKIP Bandung dan IKIP Malang tahun 1964, fokus pemikiran adalah mendesain pendidikan untuk mencetak tenaga-tenaga BP di sekolah. Tahun 1975 Konvensi Nasional Bimbingan I di Malang berhasil menelurkan keputusan penting diantaranya terbentuknya Organisasi bimbingan dengan nama Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI). Melalui IPBI inilah kelak yang akan berjuang untuk memperolah Payung hukum pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah menjadi jelas arah kegiatannya.

2. Semangat luar biasa untuk melaksanakan

BP di sekolahLahirnya SK Menpan No. 026/Menpan/1989 tentang Angka Kredit bagi Jabatan Guru dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Merupakan angin segar pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah. Semangat yang luar biasa untuk melaksanakan ini karena di sana dikatakan “Tugas guru adalah mengajar dan/atau membimbing.” Penafsiran pelaksanaan ini di sekolah dan didukung tenaga atau guru pembimbing yang berasal dari lulusan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan atau Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (sejak tahun 1984/1985) masih kurang, menjadikan pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah tidak jelas. Lebih-lebih lagi dilaksanakan oleh guru-guru yang ditugasi sekolah berasal dari guru yang senior atau mau pensiun, guru yang kekurangan jam mata pelajaran untuk memenuhi tuntutan angka kreditnya. Pengakuan legal dengan SK Menpan tersebut menjadi jauh arahnya terutama untuk pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah.

3. Belum ada aturan main yang jelas

Apa, mengapa, untuk apa, bagaimana, kepada siapa, oleh siapa, kapan dan di mana pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan dilaksanakan juga belum jelas. Oleh siapa bimbingan dan penyuluhan dilaksanakan, di sekolah banyak terjadi diberikan kepada guru-guru senior, guru-guru yang mau pensiun, guru mata pelajaran yang kurang jam mengajarnya untuk memenuhi tuntutan angka kreditnya. Guru-guru ini jelas sebagian besar tidak menguasai dan memang tidak dipersiapkan untuk menjadi Guru Pembimbing. Kesan yang tertangkap di masyarakat terutama orang tua murid Bimbingan Penyuluhan tugasnya menyelesaikan anak yang bermasalah. Sehingga ketika orang tua dipanggil ke sekolah apalagi yang memanggil Guru Pembimbing, orang tua menjadi malu, dan dari rumah sudah berpikir ada apa dengan anaknya, bermasalah atau mempunyai masalah apakah. Dari segi pengawasan, juga belum jelas arah dan pelaksanaan pengawasannya. Selain itu dengan pola yang tidak jelas tersebut mengakibatkan:

  1. Guru BP (sekarang Konselor Sekolah) belum mampu mengoptimalisasikan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan terhadap siswa yang menjadi tanggungjawabnya. Yang terjadi malah guru pembimbing ditugasi mengajarkan salah satu mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Kesenian, dsb.nya.
  2. Guru Pembimbing merangkap pustakawan, pengumpul dan pengolah nilai siswa dalam kelas-kelas tertentu serta berfungsi sebagai guru piket dan guru pengganti bagi guru mata pelajaran yang berhalangan hadir.
  3. Guru Pembimbing ditugasi sebagai “polisi sekolah” yang mengurusi dan menghakimi para siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah seperti terlambat masuk, tidak memakai pakaian seragam atau baju yang dikeluarkan dari celana atau rok.
  4. Kepala Sekolah tidak mampu melakukan pengawasan, karena tidak memahami program pelayanan serta belum mampu memfasilitasi kegiatan layanan bimbingan di sekolahnya,
  5. Terjadi persepsi dan pandangan yang keliru dari personil sekolah terhadap tugas dan fungsi guru pembimbing, sehingga tidak terjalin kerja sama sebagaimana yang diharapkan dalam organisasi bimbingan dan konseling.Kondisi-kondisi seperti di atas, nyaris terjadi pada setiap sekolah di Indonesia.

Lahirnya Pola 17

SK Mendikbud No. 025/1995 sebagai petunjuk pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya terdapat hal-hal yang substansial, khususnya yang menyangkut bimbingan dan konseling adalah : 1. Istilah “bimbingan dan penyuluhan” secara resmi diganti menjadi “bimbingan dan konseling.” 2. Pelaksana bimbingan dan konseling di sekolah adalah guru pembimbing, yaitu guru yang secara khusus ditugasi untuk itu. Dengan demikian bimbingan dan konseling tidak dilaksanakan oleh semua guru atau sembarang guru. 3. Guru yang diangkat atau ditugasi untuk melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling adalah mereka yang berkemampuan melaksanakan kegiatan tersebut; minimum mengikuti penataran bimbingan dan konseling selama 180 jam. 4. Kegiatan bimbingan dan konseling dilaksanakan dengan pola yang jelas : a. Pengertian, tujuan, fungsi, prinsip dan asas-asasnya. b. Bidang bimbingan : bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir c. Jenis layanan : layanan orientasi, informasi, penempatan/penyaluran, pembelajaran, konseling perorangan, bimbingan kelompok dan konseling kelompok.d. Kegiatan pendukung : instrumentasi, himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah dan alih tangan kasus. Unsur-unsur di atas (nomor 4) membentuk apa yang kemudian disebut “BK Pola-17” 5. Setiap kegiatan bimbingan dan konseling dilaksanakan melalui tahap :a. Perencanaan kegiatanb. Pelaksanaan kegiatanc. Penilaian hasil kegiatand. Analisis hasil penilaiane. Tindak lanjut6. Kegiatan bimbingan dan konseling dilaksanakan di dalam dan di luar jam kerja sekolah. Hal-hal yang substansial di atas diharapkan dapat mengubah kondisi tidak jelas yang sudah lama berlangsung sebelumnya. Langkah konkrit diupayakan seperti :1. Pengangkatan guru pembimbing yang berlatar belakang pendidikan bimbingan dan konseling.2. Penataran guru-guru pembimbing tingkat nasional, regional dan lokal mulai dilaksanakan.3. Penyususnan pedoman kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah, seperti :a. Buku teks bimbingan dan konselingb. Buku panduan pelaksanaan menyeluruh bimbingan dan konseling di sekolahc. Panduan penyusunan program bimbingan dan konselingd. Panduan penilaian hasil layanan bimbingan dan konselinge. Panduan pengelolaan bimbingan dan konseling di sekolah4. Pengembangan instrumen bimbingan dan konseling5. Penyusunan pedoman Musyawarah Guru Pembimbing (MGP) Dengan SK Mendikbud No 025/1995 khususnya yang menyangkut bimbingan dan konseling sekarang menjadi jelas : istilah yang digunakan bimbingan dan konseling, pelaksananya guru pembimbing atau guru yang sudah mengikuti penataran bimbingan dan konseling selama 180 jam, kegiatannya dengan BK Pola-17, pelaksanaan kegiatan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, analisis penilaian dan tindak lanjut. Pelaksanaan kegiatan bisa di dalam dan luar jam kerja. Peningkatan profesionalisme guru pembimbing melalui Musyawarah Guru Pembimbing, dan guru pembimbing juga bisa mendapatkan buku teks dan buku panduan.

Lebih Lengkap Download Disini SEJARAH BIMBINGAN DAN KONSELING DAN LAHIRNYA BK 17 PLUS

Comments
Search RSS
kiki  - mahasiswi   |203.128.82.xxx |16-08-2008 03:58:56
Ada bagannya tidak?
sunarto  - bolah minta bagan pola 17     |118.96.5.xxx |02-11-2009 07:53:54
salam kenal
bolaeh minta bagan pola 17 ga
sunarto     |118.96.5.xxx |02-11-2009 07:54:36
kalau boleh tolong kirimin ke alamat email dong
Admin  - Untuk Kiki   |222.124.193.xxx |19-08-2008 23:25:59
pada bagian bawah kiki bisa melihat lebih lengkap dan ada bagannya:
Lebih
Lengkap Download Disini SEJARAH BIMBINGAN DAN KONSELING DAN LAHIRNYA BK 17 PLUS
ridwan  - cara beli buku   |202.95.159.xxx |05-09-2008 12:20:38
Say mau beli buku bagaimana caranya, terima kasih
Gini Toponindro, S.Pd  - Perkembangan BK di Lembaga Sosial   |61.94.242.xxx |17-09-2008 23:02:55
Salam kenal buat admin,
Saya alumni BK UM Magelang tahun 2005. Sekarang saya
bekerja pada UPT Departemen Sosial yang konsen menangani permasalahan anak (anak
terlantar, anak korban tindak kekerasan dan perlakuan salah, dll) yang pada
intinya memiliki permasalahn yang kompleks.

Pada saat saya kuliah dulu,
sangan minim sekali diberikan materi perkuliahan tentang pelayanan dan
rehabilitasi bagi anak penyandang permasalahan kesejahteraan sosial. Sehingga
ketika terjun dilembaga sosial seperti saat ini, sedikit mengalami kendala
berkaitan dengan mekanisme kerja.

Saya ingin mengusulkan kepada Pengurus
ABKIN, seandainya ada forum-forum kajian serta pengeman profesi tersebut untuk
memberikan informasi kepada saya atau bisa juga memberikan hasi-hasil dari
pertemuan kegiatan tersebut, hal ini sangat berguna bagi saya dalam
mengembangkan kompetensi saya dalam pelayanan kepada ana-anak yang
bermasalah.

Selanjutnya saya ingin ...
agus sunandar     |125.163.234.xxx |06-08-2009 20:52:36
salam kenal buat semua BK di Indonesia, aku anak magelang. Gini Inget aku ga?
agus sunandar  - LAM Kenal pejuang BK     |125.163.234.xxx |06-08-2009 20:54:25
hai semua aku guru BK MTs N di magelang, tolong minta artikel tentang panjabaran
pola 17 plus yang terbaru
Admin  - Baut Ridwan   |222.124.193.xxx |19-09-2008 22:40:26
Saat ini kami sedang membangun situs untuk menjadi lebih baik, dan kedepan
diharapkan situs ini dapat menjadi senter bagi konseling online di indonesia,
bisa saling berbagi dsb, untuk buku sementara kami masih belum melayani
pembelian buku secara online dan semoga dalam waktu yang tidak lama dapat
terialiasi....

Tetap Semangat Buat Ridwan

Salam Kopasta

Admin
Admin  - Buat Ridwan   |222.124.193.xxx |19-09-2008 22:48:48
Salam Kopasta

Untuk sementara konselingindonesia masih belum bisa melayani
pembelian buku secara online, kami sedangmembangun dan memperbaiki, konten dan
komponen situs, mudah-mudahan dalam waktu dekat, pembelian buku sudah dapat
dilakukan

Admin
Admin  - Buat Gini Toponindro   |222.124.193.xxx |20-09-2008 03:17:19
Salam Kompasta

Salam Kenal kembali buat Gini Toponindro,selamat datang di
konselingindonesia. semoga kedepan kita bisa saling berbagi...
Gini Toponindro  - Semoga Tambah Jaya BK di Indonesia   |61.94.242.xxx |13-10-2008 23:33:18
Saya semakin bangga dengan BK di Indonesia ditambah dengan hadirnya model-model
situs BK yang semakin menarik. Saya memberikan penghargaan kepada Admin yang tak
kenal lelah untuk turut memajukan BK di Indonesia.

Buat temen-temen yang
lain apabila punya info tentang perkembangan konseling bisa share ke
gini_topon@yahoo.co.id.

Thanks before..

Salam perjuangan BK di negeri
pertiwi.
Caroline Lisa Setiawati  - Salam Kopasta   |222.124.193.xxx |23-09-2008 23:41:08
Senang rasanya, konseling mulai merambah dunia maya. Di tengah kemajuan
teknologi (akhirnya) Konseling Indonesia membawa angin segar bagi pemerhati
maupun "pekerja" konseling di Indonesia yang haus akan
informasi...

Maju terus dan tetap berkarya...
Salam Kopasta.
Gini Toponindro  - Salam kenal buat Caroline Lisa Setiawati   |61.94.242.xxx |13-10-2008 23:35:42
salam kenal..

Btw alumni mana and lulus tahun berapa??

Salam
Shinta   |118.136.97.xxx |10-11-2008 04:10:18
salam kenal, saya guru bk mtsn di jakarta.mudah2an di ruang ini bisa sharing ttg
info bk terbaru
Luluk   |202.70.58.xxx |18-11-2009 21:50:31
Salam kenal dari saya.
erik  - konselor   |118.96.184.xxx |09-11-2010 00:36:35
Salam Kopasta....pa kabar luluk,masih ingatkah u sama mas mu ini yang di
magelang...salam
nsha  - situs ini baru ya...   |125.161.204.xxx |21-11-2008 04:51:20
slm knal q mhsswa BK UHAMKA

moga situsnya makin lngkap n bs jd pusat info
konseling/BK d Indonesia...
yash_  - lam kEnaL,,,,   |124.195.116.xxx |07-12-2008 07:26:47
hai...
lam kenal,,, qhue mahasSwa BK UNNES,,,
rU angkatan p'tama c,,,
pusing
yak kul di BK,,,,
tapi asik jg ya blajar ttg mnusia,,,,

t'nyata byk bgt yg
sLh dLm hdP qhue,,,

hehehehe,,,


eh,,, gmna cra'na cih ngatasin org yg
t'lalu protektif dg org di Skililingnya,,, dy tu terlalu berhalusinasi klo orang
yg di skitarnya tu terkena suatu musibah,,,
pleaseeee,,,,help me......
penting
bgt ne,,,,
outsiders   |118.96.141.xxx |02-12-2009 05:57:15
tyas ya...
asty  - mahasiswa   |125.163.189.xxx |17-12-2008 20:42:04
Apakah perbedaan pola 17 dengan pola bimbingan edward C. Glanz?
em_imam  - LUAR BIASA!     |64.255.180.xxx |13-01-2009 14:42:21
LUAR BIASA! Itu adalah kata yg pertama muncul dlm benak sy ketika mengenal situs
ini. Tryt BK jg sdh terekspos di dunia maya, tanpa sy ketahui. Sukses buat admin
dan perkembangan BK Di Indonesia. Lbh lnjut, bisa ga pngelola menampilkan modul2
pngembangan diri (training) yg dpt di download scra gratis? Sbab modul2 smcm ini
sgt dibutuhkan oleh konselor di institusi mana pun berada. Terima kasih.
rara   |114.121.49.xxx |09-02-2009 23:37:05
salam kenal... senang aq sbg mhswi BK akhra pnya ref utk btanya ap pn yg bkaitn
dg BK..
mhon utk kons lintas budaya bs dterbitkn artikel na yaaa... tq
sura(undiksha)  - salam Kopasta   |125.167.177.xxx |17-02-2009 00:43:55
horas bah......
bang if and crew....thanks...
materinya diperbanyak lagi ya
cilv  - Lam kenal....   |125.162.122.xxx |24-02-2009 06:13:20
saya cilv mhssw unsri fkip BK`07... Maksih y sebelumnya...krn dgn adanya situs
ini saya bisa trbantu dalam mengerjakan tugas saya walawpun masih ada yg blm
saya dapatkan yaitu isi dari pola 17 plus apa saja. uda lengkap sih, tapi blm
ada pengertian dari isi pola 17 plus tersebut. Smg website ne lbh ok lagi.. thx
ya (^_^)
IyaL   |125.162.233.xxx |25-04-2009 23:33:12
z mhss STKIP Barru jur. BK sangat berterima kasih dengan adanya website
ini

pokoknya top banget deh . . . . .
mulyadii  - mahasiswa   |202.93.32.xxx |29-04-2009 01:46:37
SALAM KONSELING
saya mulyadi mahasiiswa BK UNRI angkatan 08 mearasa sangat
bangga karna dengan adanya ni bisa membantu dalam mencari bahan untuk kuliah
maju teruskonseling indonesia
Kawan kawan BK BILA DA INFO TENTANG BK kash
tau mul ya........?
email mul.yadi18@yahoo.co.id
noviyanti   |125.167.48.xxx |18-06-2009 20:17:39
halooo salam kenal semuanya...saya alumni UM tahun 2009...

sekarang sedang
mencari pekerjaan...

tolong kalau ada info lowongan kerja bisa beritahu saya di
alamat email saya di tiie_k@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya...
Lia   |125.161.178.xxx |18-08-2009 19:57:23
duh..senengnya bisa menemukan situs ini,saya sangat haus informasi tentang
keBKan,saya mau terus belajar tentang BK karena latar belakang saya hanya
psikologi umum,so..thanks y?di tunggu artikel2 yang lebih bagus lagi,penting
nih!
dila_com   |202.70.61.xxx |22-08-2009 21:11:29
trims buat admin.. infonya ttg bimbgn & konselng mmbntu sya utk tgs sy di pddkn
akta 4. sy mulai trtrk dg BK, bgmn cr khuss mendlmi lg ttg ke-BK-an apkh hrs
melnjtkn pddkn spesfik di jalur ke-BK-an?
rubertha  - "anak baru"   |125.167.43.xxx |05-09-2009 21:30:51
hallo semua,,,
Saya lulusan BK Univ Sanata Dharma angkatan 2003, sekarang
konselor di SMP.
saya termasuk baru dalam menjalani dunia kerja di bidang BK.

saya berharap mendapat banyak teman untuk saling berbagi pengalaman.
Rahmat Ady Purnama  - Super...!!!!!   |118.97.9.xxx |28-09-2009 19:05:07
salam Kopasta

Akhirnya saya menemukan referensi terpercaya..
Bravo BK
Indonesia.....

Kita generasi penerus BK di Indonesia jangan sampai lahan
garapan kita tertdesak oleh lulusan non-BK.......
go go go....
generasi BK
super......
ami   |110.137.135.xxx |06-10-2009 22:18:37
hai, ami kecewa ne, mau konsul koq ga da yang on line seh?
ERIL AEDUH     |110.139.213.xxx |12-10-2009 18:28:52
salam kenal.... bwt seluruh anak BK di indonesia. Q eril BK universitas negeri
makassar.
Endan9 Bk' UNNES  - tugas semester ini full   |118.96.129.xxx |13-10-2009 20:15:07
Salam konseling!
salam kenal bwd calon konselor di Indonesia....
C'mangad!!!!
Endan9 Bk' UNNES  - tugas semester ini full   |118.96.129.xxx |13-10-2009 20:15:27
Salam konseling!
salam kenal bwd calon konselor di Indonesia....
C'mangad!!!!
ADDAHRI HAFIDZ AWLAWI   |222.124.198.xxx |15-11-2009 06:41:54
salam kenal dari addahri bk stain curup sumatra bengkulu
cuy,,,heheheheheheehhehehehe
asna riana selva  - permasalahan bk   |110.139.122.xxx |06-12-2009 03:16:48
bagaimana cara mengatasi permasalahan anak sd kelas 5 yang mengalami kebiasaan
belajar buruk?
tolong juga jelaskan pengertian bimbingan belajar, bimbingan
pribadi,bimbingan karier,dan contohnya?
mksh ya sblumnya...
Uchie Schatzi  - komunitas BK??   |125.162.55.xxx |09-12-2009 04:24:52
Ada gk perkumpulan BK online? ato setidak a komunitas BK gtu? daftar a??
susanti   |61.247.13.xxx |11-12-2009 14:39:25
Selamat sore,Saya mahasiswi BK UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA.Informasi
ini sangat bagus unruk wawasan para mahasisiwa BK di Indonesia.Salam
kenal.Terimakasih
susanti   |61.247.13.xxx |11-12-2009 14:40:54
Bagaimana cara menjadi seorang guru BK yang berkualitas.Terimakasih
emm@   |117.103.175.xxx |13-01-2010 21:35:42
Lam kEnaL SmW'Y....
Q dSni aDLh mHsSWi UAD jGj....
sBnER'y q ItU MsH Lum
bNr''pHm GmN Cie jD kOnsLor yG B/KwLtS...????
Pa Lg,,mSLh kProFeSiaN,,,,,
GmN
eAaa,,cArA mPrMuDaH Q sPy bNr''mNTp mMpeLjRi sMwA iNiee,,,???
Hatti Wani   |202.162.192.xxx |05-02-2010 01:44:32
Assalamu'alaikum,

saya ini ingin sekali menjadi seorang konselor
muhdar   |114.121.90.xxx |22-02-2010 20:56:30
SALAM BUAT SEMUA TEMAN SEJAWAT GURU PEMBIMBING INDONESIA SELAMAT BERKARYA
helmi  - guru BK   |125.165.62.xxx |24-02-2010 02:14:12
bagi dong ilmu tentang BK di Internet y
farrah f  - pola 17 masih dipakai atau tidaK?   |202.153.225.xxx |23-03-2010 22:45:24
asalamualaikum, perkenalkan saya adalah alumni BK uhamka lulus tahun 2008, saat
saya lulus pola bk plus 45 yang masih di pakai, saat ini saya bekerja si smp
pembangunan jaya bintaro dan guru bk hanya 1, yang ingin saya tanyakan , apakah
pola bk 17 plus, 17 plus 45 masih dipakai?ada guru lain yg mengatakan itu sudah
tidak dipakai lagi, lalu apa yg berlaku untukl saat ini? mohon penjelasannya
segera saya sangat membutuhkan bantuannya. terimakasih wasalam
amir   |114.56.147.xxx |12-05-2010 09:18:12
klo yang saya dapt pas kul,yang lbih mengena digunaka dalah pola 17+ coz lbih
representatif dan fleksibel dalam hal papun gt,,,...
admin  - Buat Farrah   |222.124.193.xxx |24-03-2010 00:34:26
Wss. BK 17 Plus merupakan model/pola yang bisa menjadi alternatif dalam
pelaksanaan BK di lapangan, kalaupun ada yang anti pati terhadap bk 17 plus, itu
adalah hak mereka.., yang jelas keberadaan BK 17 plus sudah membawa wajah dan
warna baru dalam penyelenggaraan pelayanan konseling di Indonesia..,
Bahrawi  - Mohon informasi tentang ABKIN Jatim   |110.139.24.xxx |02-04-2010 00:57:30
Saya pernah ikut workshop dengan instruktur dari ABKIN Jatim saya tertarik
sekali dengan hasilnya, sehingga saya ingin sekali mengembangkan BK di sekolah
saya dan insya-Allah luar biasa kalau bisa sering dapat info dari Abkin
WAWAN   |125.167.186.xxx |04-04-2010 11:04:44
salam buat semua sahabat-sahabat calon Konselor seIndonesia,manfaatkanlah ilmu
yang kalian dapatkan
WAWAN blok M15 d MAKASSAR   |125.167.186.xxx |04-04-2010 11:22:33
aku ingin ngucapin selamatatas terpilihnya Ketua BEM Jurusan BK FIP UNM,semoga
semua ProKernya lancar N bikin bangga anak2 angkatan 08 ,utamanya buat AWHY,
INCHE,AMRY, HAZAN, ASMAR,NASRUN, HAJYR, ALAMSYAH, YAKUB, UDYEN,DLL
dyah wari sukesi   |125.166.251.xxx |09-04-2010 20:31:54
asssalamualaikum salam knal saya guru BK smpn 2 selomerto wnsbo boleh dong
gabung
koesindrianie  - HRD Manager     |202.137.7.xxx |16-04-2010 01:08:23
Saya HRD Mgr pd sebuah perusahaan, kebetulan sebelumnya adalah counselor di SMP
N di bilangan Jaksel.

berkecimpung 12 th di Sekolah dengan para remajanya,
ternyata tidak beda jauh dengan lingkungan kerja. Justru di perusahaan lebih
mengena fungsi BK. buat teman2 seprofesi, lahan garapan kita ternyata tidak
sempit lho. Ayo kembangkan ketrampilan teman2, saat ini BK amat diminati di
dunia kerja
amir   |114.56.147.xxx |12-05-2010 09:15:51
mhon pnjelasan dri bapak ttg kesamaanx????terletak dman???
klo btuh tanaga BK
yang bru,sipa u/ drekomendasikan...
Thanks...
amir   |114.56.147.xxx |12-05-2010 09:13:06
mjukanlah BK dlam khidupan biar qt lbih dapat dikenal oleh masyarakat luas....
SEKOLAH TUNAS INDONESIA  - butuh guru BIMBINGAN DAN KONSELING   |125.161.160.xxx |12-05-2010 21:07:52
SEKOLAH TUNAS INDONESIA, ALAMAT: JL RAYA JOMBANG NO.18, BINTARO SEKTOR IX, BUTUH
GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK SMP.

Syarat:
1. Sarjana S1 Bimbingan dan
Konseling
2. Bisa Berhabasa Inggris
3. Diutamakan yang sudah berpengalaman


Silakan kirimkan lamaran ke:
SEKOLAH TUNAS INDONESIA
Jl. Raya Jombang No. 18

Bintaro Sektor 9
Tangerang 15227

atau email: robertobala@yahoo.com
Anonymous   |110.138.38.xxx |18-06-2010 23:14:09
iya dong bagannya da ga?
Riyadin saleh  - pertanyaan   |110.137.45.xxx |15-07-2010 07:45:03
sebernya bagaimana cara efektifnya mengenal Bk pada sekolah-sekolah yang blm
mengenal bimbingan konseling. kebanyakan guru dan murid pada sekolah-sekolah
masih mengenal bahwa guru Bk itu adalah polisi sekolah yang setiap harinya hanya
mengejar siswa-siswa yang nakal.
tolong berikan jawaban yang detai. dan saya
minta tolong balasan dari bapak/ibu di balas ke email saya.
atas bantuannya saya
ucapkan terimakasih.
ida mardiana   |202.154.183.xxx |28-07-2010 22:35:18
andaikan semua pihak sekolah mengerti, bukan hanya tau tentang konsep bk,
mungkin kita akan merasa nyaman n mendapat kepuasan dg tugas kita sebagai
konselor
erik  - konselor   |118.96.184.xxx |09-11-2010 00:39:31
Salam kopasta...tidak perlu cemas..mari kita berjuang untuk profesi kita.hidup
konselor indonesia...sendiri kita pasti bisa..semangat semangat
Muhammad Nur   |202.152.243.xxx |08-04-2011 00:35:25
Saya sangat intres dg info konseling yg dipaparkan dalam situs ini, sehingga
saya mencoba memberikan comment saya tentang konseling ini....dlm konseling saat
ampuh dalam memberikan arahan kepada orang yg akan dikonseling...tp dalam
konseling sering lawan bicara menyangga apa yg kita berikan....karena saya
sering berhubungan dg employee...byk hal yang mau satu tentang
konseling...bsgaimana jika orang yg akan terkena phk sehingga mrk menerima dg
legowo keputusan tsb..tolong dong info untuk saya ...thks..
yudyh   |180.247.230.xxx |31-10-2011 08:39:49
slm knl smua
st  - pola 17   |39.213.119.xxx |24-12-2011 20:04:02
pola 17 itu termasuk model dan pola layanan BK yang mana?

#urgent
SMP TUNAS INDONESIA   |180.243.255.xxx |15-03-2012 20:19:55
SMP TUNAS INDONESIA DI BINTARO JAKARTA MEMBUTUHKAN SECEPATNYA GURU BK, LATAR
BELAKANG BIMBINGAN DAN KONSELING. SILAKAN MELAMAR KE robertobala@yahoo.com,
atau tunas.indonesia@yahoo.co.id. (valid for 2 weeks only)
SMP TUNAS INDONESIA   |180.243.255.xxx |15-03-2012 20:21:05
SMP TUNAS INDONESIA DI BINTARO SEKTOR IX JAKARTA BUTUH SECEPATNYA GURU BIMBINGAN
DAN KONSELING. SILAKAN MELAMAR KE tunas.indonesia@yahoo.co.id atau
robertobala@yahoo.com
(valid for 2 weeks only)
unja   |110.137.125.xxx |15-03-2012 23:59:27
kurang lengkap....
nophya   |180.246.182.xxx |24-03-2012 03:24:01
Assalamualaikum......
salam kenal aja buat semua konselor indonesia ...
septadiano   |49.128.189.xxx |06-07-2012 06:36:03
salam kenal aja buat seluruh keluarga besar BK,semoga kedepan BK gak dianggap
remeh lagi,SUkses BK
elva   |180.241.181.xxx |11-07-2012 04:08:50
SEJARAH BIMBINGAN DAN KONSELING DAN LAHIRNYA BK 17 PLUS, gimana cara downloadnya
dan tolong kirim ke email saya ya,,,mksh,,,sangat membantu saya di sekolah..
arul   |36.83.133.xxx |24-02-2013 07:21:17
salam kenall,,,,
arul   |36.83.133.xxx |24-02-2013 07:21:40
salam kenal aja,,,
arul   |36.83.133.xxx |24-02-2013 07:22:28
salam
aprizal  - mahasiswa Unihaz bengkulu     |125.165.187.xxx |13-03-2013 20:18:46
saya tri apriza mahasiswa unihaz bengkulu saya ingin gabung dengan kalian
semua.....
dan salam kenal APRIZAL
evi   |114.79.1.xxx |08-05-2013 04:10:03
bleh minta bagan nya???
zuhroh  - bk   |103.19.37.xxx |12-06-2013 22:28:09
gk ada bagan nya ya???
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya

Tentang Founder

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya



lebih lengkap tentang Founder

You are here  :Home arrow Konseling arrow Pola BK 17 Plus arrow Pola BK 17 Plus

Alexa Rank

Visitors Counter

mod_vvisit_counterToday996
mod_vvisit_counterYesterday1806
mod_vvisit_counterThis week7580
mod_vvisit_counterThis month33773
mod_vvisit_counterAll2163213

free counters

Mail Konseling Indonesia

 

Masuk....| Gratis Daftar

Copyright @ 2005 - 2014 KONSELINGINDONESIA | Bimbingan dan Konseling Indonesia. Powered By Konseling Indonesia
E mail : info@konselingindonesia.com